10/21/2012

Kami Pemuda Tangguh Indonesia

"Tahukah kalian bahwa Lirik terakhir himne guru berubah dari pahlawan tanpa tanda jasa menjadi pahlawan pembangunan insan cendikia"
Fungsi pendidikan adalah serangkaian tugas ataupun misi yang diemban dan dilaksanakan oleh pendidikan. Dari pengertian ini dapat dijelaskan bahwa sesungguhnya kegiatan atau praktik pendidikan bukanlah kegiatan tanpa tujuan dan makna yang jelas. Dalam kegiatan pendidikan tersirat suatu tugas atau misi yang harus diwujudkan. Oleh karena itu, para pendidik, pengelola pendidikan dan pihak pihak yang terkait dalam proses belajar mengajar ini seharusnya selalu menyadari tugas dan misi kegiatan pendidikan yang dilaksanakan atau dikelolanya.

Menurut saya, Tujuan dari kegiatan pendidikan yang bermakna dan bermanfaat adalah membentuk pribadi yang dapat selalu menumbuhkan kreativitas, mempunyai pengetahuan yang luas dan juga memiliki daya saing tinggi ataupun life skill agar dapat terjun dalam kehidupan bermasyarakat memberikan perngaruh positif bagi sesamanya. Oleh karena itu, sejalan dengan pendapat tadi, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk dapat mencapai tujuan pendidikan seperti yang telah didefinisikan diatas, dibutuhkan tenaga didik yang mampu memberikan keleluasaan bagi para siswa untuk menuangkan ide ataupun aspirasinya, memberikan ilmu yang berguna dan life skill khusus dalam proses belajar mengajar ini.

Saya teringat akan ucapan Bung Karno yang sangat motivasional


"BERIKAN AKU 10 PEMUDA TANGGUH,
DAN AKAN AKU GUNCANGKAN DUNIA"

Untuk dapat mencapai cita-cita tersebut, dimulai dengan dimilikinya motivasi pemuda yang membara, keinginan tahunya mengenai suatu ilmu pengetahuan yang tiada henti hingga ke ujung akar, selalu berfikir positif dan inspiratif sekaligus pantang menyerah . Tidak lepas dari itu, peran guru sebagai tenaga didik dan juga pembimbing dalam kegiatan belajar harus lebih mengedepankan siswa agar lebih berlaku aktif, tidak monoton, memercikan semangat belajar siswa, memancing ide-ide kreatif agar bermunculan suatu pemikiran yang lebih maju dari pemikiran sebelumnya.

Mari kita ubah persepsi yang mengatakan bahwa: Menempuh pendidikan di Indonesia adalah agar dapat masuk kedalam sebuah lowongan pekerjaan. Kita harus mampu mengubah pendapat ini menjadi: Menempuh pendidikan di Indonesia adalah untuk menciptakan lowongan pekerjaan-pekerjaan baru bagi masyarakat dunia.

Sama seperti seperti simbiosis mutualisme, kami para pemuda selaku siswa membutuhkan para guru-guru tangguh yang akan menciptakan para manusia yang lebih tangguh lagi dan dapat memimpin dunia ini dengan gagah berani dan juga dapat bertanggung jawab. Mereka para guru yang rela dilampaui 'kehebatannya' membutuhkan kita para siswa agar terciptanya manusia-manusia unggul yang memiliki kemampuan meminpin bangsa Indonesia ini dan memberikan kemajuan baru bagi kehidupan yang ada di dunia. Inilah mungkin yang kita sebut sebagai "GURUKU PAHLAWANKU".

Mari kita wujudkan mimpi Soekarno, mimpi bangsa ini, mimpi kita semua untuk mengguncangkan dunia melalui peradaban Indonesia yang luar biasa melalui sebuah langkah awal kecil, proses kegiatan pendidikan yang memacu para siswanya untuk selalu bekerja keras, menumbuhkan ide-ide baru untuk dapat menggemparkan dunia dengan misi kita ini, agar Indonesia selalu berkibar!

Jikalau Ir.Soekarno masih hidup, saya akan berkata: "Wahai bung Karno, jadikan aku salah satu dari sepuluh pemuda tangguh tersebut dan kita guncangkan dunia! kami siswa Indonesia siap mengabdi dan terus berkarya untuk bangsa ini!"


"Kita adalah keturunan bangsa pejuang. Yang tidak mengenal lelah dan kalah.”
(Bacharuddin Jusuf Habibie)







Tulisan ini diikut-sertakan dalam lomba ID berkibar; Gerakan Indonesia Berkibar

1 comment:

  1. Assalamualaikum,

    Sip josh gandoosh top markotop.

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete